Seharusnya Indonesia Kaya

Posted: Juni 10, 2011 in Uncategorized

Banyak yang bilang kalau Negara terkaya di dunia adalah Amerika Serikat, negara adidaya yang memiliki kemajuan teknologi di segala bidang. Ada juga yang bilang Negara terkaya ialah Dubai, Negara yang banyak minyak, walaupun terletak di daerah gurun pasir. Bahkan ada yang bilang Negara terkaya itu Brunei Daussalam, katanya seluruh rakyatnya makmur, tidak ada yang miskin, pengangguran pun bahkan digaji. Sebenarnya itu gak salah. Namun kita tidak menyadari, kalau Indonesia lah yang seharusnya menjadi Negara terkaya di dunia. Mengapa ?

1. Memiliki laut terluas di dunia, garis pantai terpanjang ke dua setelah Kanada.

lautan indonesia yang membentang luas
garis pantai yang panjang

Perairan laut luas yang membentang, menghubungkan pulau – pulau. Luas laut kedaulatan Indonesia adalah 3,1 juta km2.
Panjang garis pantai yang mencapai 81.000 km, dimana 70% luas indonesia adalah berupa perairan. Kekayaan alam yang terkandung di dalamnya bermacam – macam flora, fauna, mikroba, terumbu karang, genera. Termasuk didalamnya ikan, udang, molusca, hewan karang dan biota laut lainnya. Kaya bukan ?

Tapi nelayan Indonesia masih banyak yang miskin, dengan alasan alat tangkap lah, karena ada tengkulak ( toke ) lah.

Seharusnya dengan laut yang luas dan garis pantai yang panjang seperti ini, kekayaan perikanan tangkap dapat di olah secara optimal. Namun kita belum bisa memanfaatkannya dengan baik, kita kalah saing dengan Jepang. Jepang hanya memiliki laut yang kecil, namun Perikanan di sana sangat maju. Mudah – mudahan kedepannya Laut kita dapat lebih di optimalkan pemanfaatannya. Kita tidak bisa hanya menyalahkan Pemerintah dan KKP ( Kementrian Kelautan dan Perikanan ), kitalah yang memulai untuk melakukan perubahan. Kesadaran diri sendiri.

2. Negara Indonesia mempunyai pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia.

pertambangan emas di free port
kualitas emas terbaik

Free Port, kita semua pasti kenal dengan nama ini. Pertambangan emas terbesar di Negara kita. Indonesia melalui produksi Free Port tercatat sebagai sepuluh produsen tembaga terbesar di dunia. Sementara itu, negara – negara produsen lainnya seperti Amerika dan Canada telah mencapai titik maksimum produksi. Setelah di buka sampai sekarang, Free Port telah menghasilkan 7,3 juta ons tembaga dan 724,7 juta ons emas. Namun, siapakah yang mengelola dan menikmati pertambangan ini ?

Bukan Indonesia, tapi Amerika Serikat. Sang Negara Adidaya. 1% untuk Indonesia sebagai pemilik SDA dan 99% untuk Amerika sebagai pemilik SDM. Dengan bermodal SDM Amerika dapat membuat teknologi canggih yang mengelola emas Free Port.
Kedepannya, Free Port memiliki peluang besar untuk meperoleh keuntungan yang berlipat. Dan sampai saat ini produksi ketiga jenis bahan tambang di Indonesia didominasi oleh Free Port. Dan sekali lagi bisa di bilang “seharusnya Indonesia kaya”.

3. Negara Indonesia memiliki hutan tropis terbesar ketiga di dunia.

hutan tropis
Hutan tropis di Indoesia memiliki luas 98 juta hektar dengan keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terlengkap di dunia. Hutan tropis kita merupakan terluas ketiga setelah Brazil dan Kongo.
Sekitar 40% hutan tropis dunia ada di Indonesia ( estimasi luas hutan tahun 2000 ). Data yang ada pada buku Potret Keadaan Hutan Indonesia, FWI/GFW 2001, Bogor, Indonesia. Keanekaragaman Hayati di hutan Indonesia meliputi 11% spesies tumbuhan dunia, 10% spesies mamalia, dan 16% spesies burung. Dengan kekayaan SDA hutan tropis apakah Indonesia tidak kaya ?

4. Mempunyai cadangan gas alam terbesar di dunia.

tambang gas alam lepas pantai
Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan gas alam terbesar di dunia tepatnya di blok Natuna. Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga 202 triliun kaki kubik. Dan masih banyak lagi tambang gas alam seperti Blok Cepu dll. Namun, siapakah yang mengelolanya ?
Lagi – lagi perusahaan asinglah yang mengambil alih, EXXON MOBIL Corporation di bantu dengan Pertamina.
Kedepan, mudah – mudahan Indonesia bangkit, sehingga tidak di kuasai oleh perusahaan – perusahaan asing.

5. Negara Indonesia memiliki tanah yang sangat subur.

sawah subur indonesia
Indonesia juga dikenal sebagai Negara agraris, karena tanahnya yang subur. Berlimpah akan hasil pertanian. Tanah yang subur dikarenakan negara kita memiliki gunung api yang aktif, seperti gunung Merapi, gunung Bromo, yang menjadikan tanah
Negara dengan tanah yang subur, sehingga apapun yang ditanam di tanah Indonesia pasti tumbuh. Dengan demikian, seharusnya kita menjadi negara kaya. kaya akan rempah – rempah.

6. Memiliki jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia.

Dengan penduduk yang begitu banyaknya seharusnya banyak orang – orang pintar yang di hasilkan negara kita. Tapi apa kenyataannya ?
Pintar seperti Gayus ?
Seharusnya orang pintar yang mampu melakukan perubahan. SDA tidak menjamin, SDM lah yang paling menjamin kekayaan suatu negara. contoh saja Singapura, miskin SDA, kaya SDM. Sehingga memiliki segalanya.

7. Indonesia memiliki pemandangan indah, bahkan surga dunia ada di Bali, Indonesia.

 

pantai kuta, Bali
borobudur
danau toba
Komentar
  1. trazo212 mengatakan:

    artinya indonesia masih dijajah. wah nasib2…gemana tuh para pemimpin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s