teori ekonomi jomblo

Posted: Juni 10, 2011 in Uncategorized
 JOMBLO (alone) dibagi menjadi 3 bagian dalam pandangan teori ekonomi.
Jomblo Friksional
Jomblo Friksional adalah ke”jomblo”an yang disebabkan oleh mereka yang baru putus dan ingin waktu sendiri dulu sebelum pacaran lagi. Jadi, Jomblo Friksional sifatnya sukarela. Mereka cenderung memilih ngejomblo dulu, setelah putus dan sebelum pacaran lagi. Karena takut masuk kedalam jurang yang sama.
Jomblo friksional biasanya terjadi pada cewek yang “gak mau pacaran dulu” karena abis disakitin sama pacarnya dulu, dan belum mau pacaran lagi. Caranya terbebas dari Jomblo Friksional ? bukalah hati untuk orang lain. lupakan masa lalu. dan temukan seseorang yang terbaik di hari.
Jomblo Struktural
Jomblo struktural adalah jomblo karena kualitas kita (penawaran) dengan kemauan lawan jenis (permintaan) terhadap kita tidak seimbang. Kurva yang dapar digambarkan adalah kurva timbal balik. Jadi, Jomblo Struktural terjadi karena apa yang kita punya (fisik dan kepribadian) tidak sesuai dengan apa yg lawan jenis inginkan. Hal ini bisa kita lihat kalau kita cowok yg jelek dan cuek. Sementara cewek yg kita incer mau cowok ganteng dan perhatian. nggak ketemu penawaran dan permintaan. Jomblo deh.
Jomblo struktural juga bisa teradap dalam kasus cewek. Misalnya, ceweknya kulitnya item, sementara cowok-cowok yang dia taksir maunya yang putih. Terjadi kembali mismatch antara penawaran dengan permintaan. Jomblo deh.
Jomblo struktural bisa dihindari dengan cara seperti ini :
1)  meningkatkan kualitas kita dengan tidak menyampingkan kuantitas, supaya bisa memenuhi “permintaan” lawan jenis.
2) mencari “pangsa pasar” lain. Berarti kita harus mencari cewek atau cowok yang mau dengan kualitas-kualitas (penawaran) kita. Dalam kata lain : menurunkan standar.

Jomblo Cyclical
Jomblo cyclical terjadi karena keinginan orang untuk pacaran menurun di masa-masa tertentu, jadinya banyak yang jomblo. Misalnya : menjelang UAN. Banyak orang jomblo berkepanjangan sewaktu menjelang UAN atau SNMPTN, karena si cewek atau cowok fokus untuk belajar. Tidak banyak bahkan yang sudah pacaran pun memutuskan pacarnya karena mereka ingin fokus belajar. Ini bisa menyebabkan kejombloan. Atau memutuskan memilih fokus kuliah, karena mengejar cita – cita dan tidak ingin didegradasi ke zona lubanghitam.
Tapi gak usah khawatir sih. sesuai dgn namanya (cyclical) berarti ada siklusnya (perputaran). Jadi, akan ada masanya orang-orang jadi banyak yg punya pacar lagi. Misalnya, masa liburan. Di masa ini, orang pengen punya pacar, biar bisa liburan bareng. Atau banyak orang yang cinlok di tempat berlibur. Cara terbebas dari Jomblo Cyclical adalah dengan menunggu masa-masa orang ogah pacaran lewat.
Terus, kalian termasuk yang mana ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s